NEWS!!!

« »
« »
« »
Get this widget

Selasa, 03 Juli 2012

Berbagai Macam Kecerdasan Manusia

Manusia, masing-masing memiliki kecerdasan dan kecenderungan yang berbeda-beda. Kecerdasan tersebut yang akan mengarahkan manusia menjadi apa mereka nantinya dan akan sukses di bidang apa mereka nantinya. Berikut ini adalah 8 kecerdasan yang dimiliki oleh manusia.



Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan linguistik merupakan kemampuan manusia dalam menggunakan kata secara efektif, lisan maupun tertulis. Komponen inti dalam kecerdasan ini adalah kepekaan terhadap bunyi, struktur, makna, fungsi kata dan bahasa. Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan manusia dalam membaca, menulis, berdiskusi, berargumentasi dan berdebat.

Kecerdasan matematis-logis

Seperti namanya, kecerdasan ini merupakan kemampuan manusia untuk menggunakan angka dengan baik, melakukan penalaran dengan benar, kepekaan pada pola dan hubungan antar hal, fungsi logis dan abstraksi lain serta kemampuan mengolah alur pikiran yang panjang. Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan berhitung, menalar dan berpikir logis serta memecahkan masalah.

Kecerdasan spasial-visual

Kecerdasan ini memiliki kepekaan terhadap merasakan dan membayangkan dunia gambar dan ruang secara akurat dan berkaitan dengan kemampuan menggambar, memotret, membuat patung serta mendesain.

Kecerdasan kinestesis-jasmani

Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan mengontrol gerak tubuh dan kemahiran mengolah objek, respon dan reflek serta kemampuan gerak motorik dan keseimbangan.

Kecerdasan musical

Kecerdasan ini merupakan kemampuan menangani bentuk-bentuk musical dengan cara mengekspresikan, membedakan, mengubah, kepekaan pada nada, irama, melodi. Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan menciptakan lagu dan mendengar nada-nada.

Kecerdasan intrepersonal

Kecerdasan ini merupakan kemampuan mempersepsikan dan membedakan suasana hati, maksud, motifasi, dan persaan orang lain Dan berkaitan dengan kemampuan bergaul dengan orang lain, memimpin, kepekaan sosial yang tinggi, negoisasi, bekerja sama, serta memiliki empati yang tinggi.

Kecerdasan intrapersonal

Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan mengenali diri secara mendalam, kemampuan intuitif dan motivasi diri, penyendiri, serta sensitif terhadap nilai diri dan tujuan hidup. Kecerdasan ini memiliki kemampuan untuk memahami diri sendiri dan bertindak beradasarkan pemahaman tersebut. Kepekaan tarhadap mjemahami diri sendiri, kesadaran atas suasana hati, keinginan, kemampuan berdisiplin diri, memahami dan menghargai diri.

Kecerdasan naturalis

Yang terakhir adalah kecerdasan naturalis, yakni keahlian membedakan anggota spesies dan mengenali kehidupan spesies lain. Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan meneliti gejala alam, mengklasifikasi dan mengidentifikasi.


0 komentar:

Posting Komentar